2 Metode Cara Menyetel Gigi Sepeda

Cara Menyetel Gigi Sepeda

Jika sepeda Anda bermasalah pada pemindahan gigi atau rantai terlepas, Anda sebaiknya menyetel gigi sepeda. Gigi sepeda diatur oleh derailleur yang memindahkan rantai ke gigi yang berbeda. Meskipun tampak membingungkan, penyetelan gigi sepeda tidaklah sulit jika Anda bersabar dan mengetahui tekniknya.

Metode 1. Menyetel gigi sepeda

1. Angkat sepeda dengan penyangga sepeda. Anda perlu memutar roda tanpa harus menggerakkan sepeda. Cara terbaik adalah dengan menggunakan penyangga sepeda. Jika tidak memilikinya, tanyakan ke toko sepeda apakah Anda dapat menyewa peralatan mereka.

  • Jungkirkan sepeda dengan posisi sadel dan setang di bawah. Jika Anda melakukannya, balikkan arah putaran pada petunjuk berikut.


2. Cari derailleur sepeda Anda. Derailleur adalah alat penggerak gigi dan penahan rantai sepeda Anda. Satu derailleur terletak pada roda belakang, di sebelah kaset (kumpulan gigi sepeda), adapun satu lagi terletak di dekat pedal. Bersihkan derailleur dari benda-benda seperti dedaunan atau lumpur, lalu lap dengan kain basah.

  • Derailleur belakang terlihat lebih rumit, terdiri dari derailleur, lengan, dan 1-2 gigi kecil yang dilalui oleh rantai. Ada kabel yang menarik lengan derailleur agar rantai berpindah gigi.
  • Derailleur depan dijepit pada frame (rangka) sepeda dan terdiri dari sebuah per dan dua pelat derailleur (lempeng logam kecil yang berfungsi menahan rantai agar tidak berpindah).


3. Diagnosa masalah dengan memindahkan rantai ke setiap gigi. Putar pedal dengan tangan dan pindahkan ke setiap gigi secara perlahan, dimulai dari derailleur belakang. Naikkan dan turunkan gigi satu per satu. Ingat posisi di mana gigi sulit berpindah, rantai terlepas, atau di mana Anda harus memindahkan gigi dua kali agar rantai dapat berpindah.

  • Saat mengetes salah satu derailleur, pindahkan derailleur yang lain ke posisi gigi tengah. Misalnya, jika Anda mengetes derailleur belakang, pindahkan derailleur depan ke posisi gigi tengah agar rantai tidak meregang.


4. Cari pengatur kabel. Ikuti kabel ke arah derailleur hingga menemukan pengatur kabel yang terlihat seperti mur kecil yang mengelilingi kabel. Biasanya ada dua mur pengatur yang terletak pada setiap ujung kabel (pada derailleur dan pada dekat setang). Anda dapat sedikit menyetel kabel derailleur dengan mur ini.


5. Pindahan gigi ke posisi yang bermasalah. Pindahkan gigi sambil putar pedal dengan tangan hingga menemukan gigi yang bermasalah, seperti rantai tidak berpindah gigi, rantai berpindah-pindah gigi dengan sendirinya, atau rantai melewatkan gigi tertentu. Hentikan perpindahan gigi saat menemukan masalah tersebut dan biarkan pada posisi yang bermasalah.


6. Kendurkan pengatur kabel jika rantai tidak dapat turun gigi. Jika Anda tidak dapat memindahkan gigi ke posisi yang lebih rendah (lebih dekat ke roda), kendurkan pengatur kabel dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Putar perlahan hingga rantai berpindah pada gigi yang seharusnya.

  • Selalu putar pengatur dengan perlahan, putar paling banyak seperempat putaran penuh dalam sekali putar.
  • Putar pengatur searah dengan arah bergeraknya rantai. Jika ingin menggerakkan rantai ke arah sepeda, putar pengatur ke arah sepeda.


7. Kencangkan pengatur kabel jika rantai tidak dapat naik gigi. Jika Anda kesulitan memindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi (ke arah luar sepeda), kencangkan pengatur kabel dengan memutarnya searah jarum jam hingga rantai berpindah pada gigi yang seharusnya.

  • Putar pengatur searah dengan arah bergeraknya rantai. Jika ingin menggerakkan rantai menjauhi sepeda, putar pengatur ke arah luar sepeda.


8. Kembalikan ke posisi gigi rendah dan coba naik-turunkan gigi. Setelah selesai mengatur gigi, pindahkan ke setiap gigi untuk memastikan derailleur dapat berpindah ke setiap gigi.

  • Pastikan rantai berpindah ke setiap gigi dengan lancar.


9. Naiki sepeda Anda untuk menemukan masalah lainnya. Terkadang performa sepeda berbeda saat diberikan beban (dinaiki). Naiki sepeda Anda dan cobalah berpindah ke masing-masing gigi. Jika menemukan masalah, setel kabel kembali.

Metode 2. Memperbaiki Rantai yang Terlepas


1. Angkat sepeda dengan penyangga sepeda. Anda perlu memutar roda tanpa harus menggerakkan sepeda. Cara terbaik adalah dengan menggunakan penyangga sepeda. Jika Anda tidak memilikinya, tanyakan ke toko sepeda apakah Anda dapat menyewa peralatan mereka.

  • Jungkirkan sepeda dengan posisi sadel dan setang di bawah. Jika Anda melakukannya, balikkan arah putaran pada petunjuk berikut.


2. Pindahkan ke gigi terendah. Pada derailleur belakang, gigi terendah ada paling jauh dari sepeda, adapun gigi terendah pada derailleur depan berada paling dekat dengan sepeda.

  • Pindahkan gigi pada derailleur yang sedang tidak Anda setel ke posisi tengah.


3. Longkarkan baut yang menahan kabel. Baut ini berada pada ujung kabel dekat derailleur. Baut ini berfungsi menahan kabel agar tidak bergerak. Longgarkan dengan kunci L.

  • Catatan Lanjutan: Saat memutar pedal, Anda akan melihat bahwa rantai turun ke gigi paling rendah dengan sendirinya. Itu karena derailleur bekerja dengan mengencangkan kabel sehingga rantai tidak berpindah. Anda juga dapat memindahkan gigi secara manual dengan menarik kabel.


4. Temukan "sekrup pembatas" derailleur. Untuk mencegah rantai terlepas, derailleur diletakkan pada ruang kecil di antara gigi. Ada dua sekrup kecil yang menahan derailleur agar tidak bergerak yang terletak bersebelahan pada bagian atas derailleur depan atau bagian belakang derailleur belakang.

  • Baut sebelah kiri biasanya diberi label “H” yang mengatur seberapa tinggi atau seberapa dekat (dengan sepeda) rantai dapat bergerak.
  • Adapun baut sebelah kanan biasanya diberi label “L”yang mengatur seberapa rendah atau seberapa jauh rantai dapat bergerak..


5. Kencangkan sekrup untuk mencegah rantai terlepas. Mengatur sekrup pembatas cukup mudah. Jika rantai sepeda terlepas ke kanan derailleur depan, kencangkan sekrup depan sebelah kanan untuk membatasi gerak rantai. Setiap sekrup mengatur sisi yang berbeda, dan mengencangkan sekrup (memutar searah jarum jam) akan mencegah derailleur bergerak terlalu jauh.


6. Tekan derailleur belakang dengan tangan sedekat mungkin dengan sepeda. Jika derailleur bergerak terlalu jauh, rantai akan terlepas ke dekat roda. Adapun jika derailleur tidak dapat bergerak cukup jauh, rantai tidak akan dapat berpindah ke setiap gigi. Anda dapat mengatur sekrup pembatas untuk menggerakkan derailleur.

  • Kencangkan sekrup kiri untuk membatasi pergerakan derailleur jika rantai bergerak terlalu jauh.
  • Kendurkan sekrup kiri jika Anda tidak dapat memindahkan ke setiap gigi agar derailleur bergerak lebih jauh.


7. Atur derailleur depan hingga rantai berada di antara pelat derailleur. Pindahkan rantai ke gigi terkecil, lalu kencangkan atau kendurkan sekrup pembatas (H) hingga rantai tidak menyentuh pelat derailleur.


  • -Atur hingga rantai berjarak 2-3 milimeter dengan setiap sisi pelat.


8. Pasang kabel kembali pada derailleur. Pindahkan ke gigi terendah dan tarik kabel derailleur dengan kencang, lalu pasang kabel kembali dan kencangkan pada baut derailleur.


  • Biasanya Anda dapat melihat lekukan pada kabel yang menandai posisi saat dikencangkan.

9. Gunakan pengatur kabel untuk mengatur gigi dengan benar. Pastikan Anda dapat memindahkan gigi depan dan belakang dengan baik, putar pengatur kabel jika perlu.


Tips


  • Bila perlu, catat atau foto sepeda Anda sebelum memulai jika ragu-ragu saat memasangnya kembali.
  • Lakukan perubahan dengan perlahan, karena Anda akan lebih mudah mengatur ulang jika ada kesalahan.
  • Bersihkan rantai sepeda dan berikan pelumas secara berkala agar sepeda dapat dikendarai dengan nyaman dan mencegah masalah perpindahan gigi.


Peringatan

Jangan pernah menyilangkan posisi rantai (misalnya gigi depan pada posisi terbesar dan gigi belakang pada posisi paling kecil sehingga posisi rantai menjadi diagonal). Hal ini menyebabkan rantai tertarik dan dapat merusaknya.

0 Response to "2 Metode Cara Menyetel Gigi Sepeda"

Posting Komentar